Friday, April 13, 2012

Ketetapan Hati?

Entry ini kupersembahkan untuk TASYA, hohoho yang selalu minta bikin entry2 baru ahahahaa... tapi semua juga bisa baca kok^^
Hari-hari ini, cuma lagi belajar yang namanya KETETAPAN HATI dalam hubungan kita sama Tuhan. Keliatannya simpel ya, cuma 2 kata sederhana yang sering diucapin.. tapi maknanya dalem, men.. dan bukan hal yang gampang buat milikin ini 2 kata ---> KETETAPAN HATI

Berpuluh kali sudah, Tuhan didik gue untuk punya ketetapan hati. Dari dulu, gue sering gagal. failed setiap kali Dia didik gue dalam hal ini.. ketetapan hati means, HATI yang TETAP BERDIRI dalam KEBENARAN, apapun yang terjadi, ngga tergoyahkan apapun juga.. bisa juga dibilang kesetiaan, setia n' berketetapan untuk terus mengasihi Dia...
Tapi, kegagalan ini ngga ngebuat gue jadi orang yang payah. hehe, sebaliknya, semakin sering gua gagal, gua jadi semakin belajar untuk bener-bener ngandelin Dia, diem di bawah kasih karunia n kekuatanNya, bukan di bawah payung perlindungan gua sendiri yang selalu rusak tiap 'ujan' prosesNya... hehehe
1 hal yang selalu Dia didik dalam hidup gua, ya masalah hati ini. hati kita ternyata bener-bener jadi kunci dalam pengabdian, pengabdian kita sama Tuhan.. kenapa? karena awal mula segala sesuatu itu dari hati, from the inside out.. apa yang keluar dari kita, itu berasal dari hati...
seringkali ketika Tuhan proses kita, ujan badai masalah menimpa, apa yang diliat pertama kali, yang menentukan hubungan kita sama Tuhan selanjutnya? yap, RESPON HATI kita. respon inilah yang nentuin, kita akan semakin mendekat atau semakin menjauh. apakah kita mampu berespon dg bener, atau malah berespon negatif yang akhirnya ngebuat kita jauh dari Tuhan? 
"If you are not as close to God as you used to be, who moved?"
gua belajar untuk punya respon hati yang bener, dan ini butuh kerendahan hati yang luarbiasaaa! karena awalnya, gua berespon salah. waktu Tuhan kasih segudang masalah, gua malah sombong n' ngga mau stay in His line. gua malah kabur n ngejauh abis-abisan. nyaman sama kondisi gua yang ngejauh ini. kebukti banget ya... waktu masalah dateng, gua ngga punya ketetapan hati.. gua tergoyahkan dan menyimpang, gua ngga setia..
ADA 1 quote yang gua pegang teguh sampe sekarang, meski kemarenan gua sempet melupakan quote ini (waktu gua lagi ng-down n' ngejauh dari Tuhan).. yaa tapi Tuhan ingetin lagi, waktu ada temen gua bilang "ve, gw terberkati banget sama 1 quote lo, yang sampe sekarang pun jadi pegangan buat hidup gw... " quote ini bilang:
"Kesetiaan kita akan teruji ketika ada celah untuk TIDAK SETIA"
Masihkah lo mengasihi Dia? masihkah prioritas utama lo itu Dia, ketika segala sikon memaksa lo untuk ngga setia, bahkan ngga lagi mengasihi Dia? ketika di luar sana udah terlalu banyak yang ninggalin Dia demi keegoisan sendiri, apa lo mau jadi salah satunya juga?
coba direnungin baik-baik... hehe ini bener banget, Tuhan emang uji kesetiaan kita sama Dia cuma dari 1 hal ---> ya celah2 yang ngebuat kita mikir2 untuk setia atau nggak, untuk punya ketetapan hati atau enggak. misalnya? waktu itu Tuhan kasih liat 1 celah, masalah cintrongg2an, dimana gua suka sama 1 orang, dan ini bikin hubungan gua sama Tuhan beneran rusak. karena bukan Dia lagi yg jadi prioritas utama, yang gua cari bukan Dia lagi, tapi malah dia *si lelaki itu*.. inilah celah untuk ngga setia, dan respon hati gua yang sangat SALAH.
tapi pada ujungnya, gua ngga pernah tahan berlama-lama jauh-jauh dari Tuhan. sama seperti ikan, yang bisa hidup di darat TAPI ngga bisa tinggal di darat, gua pun bisa hidup dalam dosa tapi NGGA BISA TINGGAL dalam dosa.. karna pada dasarnya gua ngga berasal dari dosa, tapi berasal dr kebenaran.. dan ini sangat berlaku buat lo orang.. hehe^^
Kabar baiknyaaa... Waktu kita ngga setia, Dia Allah yang tetap setia, karna Dia ngga bisa menyangkal diriNya :))

belajar untuk punya ketetapan hati n' kesetiaan, ngga gampang. cukup depends sama om kasih karunia, apapun yang terjadi, terus prioritasin hubungan kita sama Tuhan di atas segala-galanya.. waktu kita buka celah n' longgarin nilai2 ketetapan hati ini sedikit aja (KOMPROMI), itu udah jadi celah yang gedeee banget buat iblis masuk dan semakin ngerusak semuanya. so, pertahanin pagar2 hubungan lo sama Tuhan, cuma ini yang bisa ngejaga hidup kita. pengabdian, kesetiaan, ketetapan hati, dan semua berasal dari HATI, dari RELATIONSHIP kita sama Tuhan...
"STAND FIRM, DO NOT COMPROMISE. If you don't stand firm in your faith, you won't stand at all." -Isaiah 7:9 -NIRV
Ayat ini bener-bener berlaku.. ketika gua ngga stand firm (berdiri teguh dalam kebenaran dan iman gue sama Dia), ketika gua malah kompromi, gua sama sekali ngga bisa berdiri n' berketetapan hati.. pada akhirnya gua bener-bener jatoh... hikshiks, jangan biarkan aku pergi Pa... T____T
jadii mari hapuskan kata "kompromi" dari kamus kita! ngga boleh lagi ada kompromi! heheyy... buat tasya, semangat ya say... 'coz you heart, our heart is the key of devoted! :DD

No comments:

Post a Comment